8/04/2011

Tentang Icon

Icon / ikon adalah images atau gambar berukuran kecil yang biasanya muncul dalam sebuah website atau blog. ukuran icon ini bervariasi dalam hitungan pixel mulai dari 12x12 pixel , 16x16, 24x24, 32x32, 48x48, 128x128 , 256x256 di Windows Vista and Mac OS X 512x512 (Leopard).

Suatu ikon gambar yang terdiri dari gambar bitmap dikombinasikan dengan masker atau alpha channel untuk membuat daerah transparan dalam gambar. Ikon yang digunakan di seluruh user interface untuk mewakili objek seperti file, folder, shortcut, aplikasi, dan dokumen. Anda juga dapat menggunakan ikon dalam aplikasi (toolbar), di halaman web, untuk favorit dan bookmark . Format Icon yang sudah dikenal adalah .ico sedangkan perkembangan terbaru icon bisa menggunakan format .jpg atau .png.

Ikon adalah tanda yang mirip dengan objek yang diwakilinya. Dapat pula dikatakan, tanda yang memiliki ciri-ciri sama dengan apa yang dimaksudkan. Misalnya, pass photo anda merupakan ikon anda sendiri, kemudian logo stasiun swasta yang menyerupai matahari sebagai ikon dari matahari yang telah disederhanakan. Ikon merupakan perwakilan dari ciri fisik (2 atau 3 dimensional) dimana bentuk tersebut menyerupai dengan apa yang direpresentasikannya.Ikon tidak memerlukan kesepakatan (konvensi) dalam memaknainya, Ikon bukan hanya berupa gambar yang disederhanakan namun setiap gambar yang mewakili obyek yang direpresentasikan. (http://daniarwikan.blogspot.com/2009/03/ikon-index-dan-simbol.html)


Untuk mencari icon kita dapat menggunakan jasa mesin pencari google, atau jika ingin lebih spesifik dapat mengakses ke alamat website berikut :



http://www.iconfinder.com/


http://www.softicons.com/


http://iconki.com/
Share: 

0 comments: