3/14/2012

Akira Yoshizawa dikenal sebagai Bapak Origami

Akira Yoshizawa (吉泽 章 Yoshizawa Akira; 14 Maret 1911 - 14 Maret 2005) adalah seorang origamist, dianggap sebagai grandmaster origami. Dia dikreditkan dengan meningkatkan origami dari kerajinan untuk seni hidup. Menurut estimasi sendiri dibuat pada tahun 1989, dia menciptakan lebih dari 50.000 model, dari yang hanya beberapa ratus desain yang digambarkan dalam 18 bukunya. Yoshizawa bertindak sebagai duta budaya internasional untuk Jepang sepanjang karirnya. Pada tahun 1983, Jepang Kaisar Hirohito menamainya ke Orde Matahari Terbit, salah satu penghargaan tertinggi yang dapat diberikan kepada warga negara Jepang.

Hari ini, 14 Maret 2012, menandai ulang tahun ke 101 Akira Yoshizawa. Beliau telah menciptakan 50.000 model origami berbagai bentuk dan ukuran. Sebagian diantaranya telah diabadikan ke dalam 18 buku khusus origami.


Akira Yoshizawa lahir pada 14 Maret 1911 dan meninggal 14 Maret 2005. Sepanjang karirnya, beliau menjabat sebagai duta internasional kebudayaan Negeri Sakura.

Di tahun 1983, pada masa pemerintahan Kaisar Hirohito, Akira memperoleh gelar Order of the Rising Sun, sebuah penghargaan tertinggi untuk seorang warga negara Jepang.

Akira merupakan pelopor berbagai teknik Origami, salah satunya wet-folding atau melipat kertas dalam keadaan basah. Dalam teknik ini kertas dibasahi sebelum dilipat, menciptakan tampilan yang lebih bulat dan tampak seperti dipahat.

Hal ini dianggap oleh banyak orang sebagai awal pergeseran paradigma origami menjadi sebuah karya seni, dari sebelumnya yang hanya dianggap sebagai kerajinan rakyat kuno.


Logo Google hari ini terinspirasi dari sang artis origami, Google menunjukkan penghargaannya kepada sosok Akira Yoshigawa dengan menampilkan teks Google yang terbuat dari kertas lipatan origami berbagai warna. Bagaimana pendapat anda tentang Logo Google hari ini? Tulis di kolom komentar.




Share: 

0 comments: