6/12/2012

Tampilan Baru Google Groups

Google group ( atau grup ) adalah salah satu produk gratis dari raksasa internet google yang cukup bermanfaat dan bisa digunakan dalam kegiatan dunia perkantoran yang membutuhkan koordinasi dengan banyak orang melalui media email. Sistemnya berupa mailing list / email berlangganan, ketika kita sudah tergabung dalam suatu grup dengan alamat: xxx@googlegroups.com maka kita bisa berkoordinasi dengan menggunakan alamat tersebut sebagai tujuan emailnya dan langsung terkirim ke banyak orang ( yang juga sudah menjadi anggota ke google grups tersebut ) tanpa harus mengetikkan alamat emailnya satu persatu.

Hal ini terasa efektif jika kita sering menggunakan fasilitas email dalam dunia kerja dan bekerja dengan berbagai divisi yang tiap divisi nya terdiri dari lebih dari 10 orang. Kelemahannya mungkin ketika ada pergantian personel / anggota grup yang belum terupdate maka harus dilakukan maintenance anggota grup oleh moderator grup tersebut.



Jika anda mengakses ke alamat web googlegroups akan muncul tulisan berikut di atas browser

The old Google Groups will be going away soon. Switch to the new Google Groups.

jika kita memilih Switch to the new Google Group maka tampilannya akan berubah menjadi tampilan baru. Namun tidak perlu khawatir karena google masih memberikan opsi untuk kembali ke tampilan lama dengan cara masuk ke menu setting yang berada di pojok kanan atas icon gear/ gerigi lalu pilih kembali oldstyle look.




Kini googlegroups mengikuti jejak produk-produk google lainnya seperti gmail dan blogger yang berganti wajah. Tampilan desainnya mungkin terinspirasi dari style /tampilan google plus ( + ) yang tampaknya akan menjadi ciri khas untuk semua tampilan produk google, dengan dominasi warna putih yang memberikan kesan simple dan fungsional. Pada awalnya mungkin kita harus membiasakan kembali dengan penampilan terbaru dari googlegrups ini , sama halnya ketika gmail berganti tampilan. Mungkin istilahnya yang lebih tepat adalah "bisa karena terbiasa".

Share: 

1 comments:

banyaknama said...

muka baru, pengennya sih rejeki baru wkwk, iya gak? :)