1/11/2017

Kebebasan Finansial itu adalah

Hello 2017, tak terasa sudah 11 hari ini berlalu di awal tahun,  ceritanya mau rajin ngeblog lagi nih kejar postingan semakin susah mengeluarkan kata-kata dalam bentuk tulisan. Dulu sewaktu masih kerja kantoran dalam pikiran dan penerawangan seakan-akan nantinya punya banyak waktu luang untuk mengerjakan hal-hal yang saya sukai dan eh ternyata kenyataannya tak sebebas merpati. Kebebasan waktu dan kebebasan finansial adalah idaman setiap manusia, namun apakah mudah untuk mencapainya?. Kalau disuruh memilih apakah mau jadi orang banyak uang tapi ga punya waktu buat  ngapa-ngapain atau orang yang banyak waktu luang tapi ga punya uang untuk ngapa-ngapain hehehe. definisi kebebasan sendiri berbeda-beda tergantung keinginan dan impian setiap orangnya.


Dan berbicara mengenai kebebasan finansial, apakah uang telah menjajah kita? darimana dan sejak kapan istilah tersebut muncul ya? tak heran dengan penggunaan jargon kebebasan finansial alias financial freedom tersebut banyak dijadikan "senjata" para marketer dalam memasarkan produknya. dan kalau lihat iklan-iklannya memang menggiurkan dengan penawaran meraih kebebasan financial menggunakan cara-cara instan. Iklan penawaran untuk mendaftar program Investasi dengan tawaran profit diluar batas kewajaran, ajakan bergabung dengan Multi Level Marketing (MLM) dan perusahaan asuransi adalah yang paling banyak menjaring orang-orang yang tergiur dengan kebebasan finansial ini. Melihat pengalaman yang telah dilalui baik itu pribadi atau belajar dari pengalaman buruk orang lain kebanyakannya bukannya semakin menuju kebebasan tetapi semakin terbelenggu.

Salah satu pengalaman terpahit saya sepanjang 2016 lalu berkaitan dengan asuransi. Konon katanya asuransi ini jenis investasi yang berisiko paling kecil namun nyatanya pengalaman berkata lain. Ini membuat saya lebih berhati-hati dalam menerima tawaran apapun yang berkaitan dengan kemasan jualan kebebasan finansial ini yang  dimana akhirnya harus mengikhlaskan investasi yang sudah ditanamkan. Untuk kejadian tahun 2016 itu anggap aja gagal panen :(.


Share: 

0 comments: