Hello 2018

my blog post statistic 2006 - 2017

Just wanna say hello 2018

I'm blogging Since 2006, wow it has been 12 years. I have posted 143 titles in my blog with average 12 post per year. My first post called "first shout" posted on July 13th 2006. Usually I write blog in Indonesian language. Since 2006 until today netizen visit my blog about 126,479 page views. My most popular post is "Contoh percakapan di call center" posted on December 28th 2010 with 29,704 views. My lowest blog post in a year is 4 post that happened in year of 2012. and my higher number of blog post is 19 post in 2010.

Welcome 2018 , Future is always exiting!




Share:

Perbedaan update status sosmed dan blog

Apakah perbedaan update status sosmed dan curhat di blog? Beberapa tahun ini perkembangan mengakses sosial media semakin menjadi kebiasaan rutin dalam keseharian dalam kehidupan kita ini. sejak saya mendaftar facebook di tahun 2005 sebelumnya aktif di friendster sebelum meredup tahun sekitar 2008 waktu itu pesbukan cuma asyik colek-colek (poke) aja.

Kalau lihat orang pesbukan ( beraktifitas sosial media menggunakan aplikasi facebook ) kini agak pusing juga melihatnya, apalagi dengan gencarnya situasi politik dalam dan luar negeri share2 link clickbait ( judul yang menggelitik untuk di klik ) yang niatnya hanya  mencari pengunjung agar datang ke website. Banyak juga berita-berita hoax yang beredar,  Mulai dari yang sekedar share bahkan ada yang berantem di timeline.

Itulah kenapa saya tetap pilih konsisten untuk blog saja, saya bisa tulis apa yang saya mau tulis. Mau apapun yang kita tulis, yang dilike dan dishare sebetulnya yang mengambil keuntungan terbesarnya ya Facebook itu sendiri. Sebagai penggguna Facebook tentunya anda dipantau apa yang anda suka, anda like dan share dan Facebook mengklasifikan anda dalam suatu kategori user aktif yang tujuan akhirnya ditawarkan kepada pemasang iklan sesuai dengan produk yang akan diiklankan. Apakah Facebook telah mengkomersialisasikan Ujaran kebencian? Mungkin saja. Yang jelas semakin ramai likes dan komen dalam suatu postingan semakin untung pula si mark zuckerberg ini.

Lantas apa bedanya apa dengan ngeblog?
Website Traffic ( atau trafik)  adalah lalulintas strategis karena berkaitan dengan dunia advertising iklan online yang menjadi sumber utama penghasilan di dunia online. Ibaratnya anda mau buka warung nasi apakah anda akan memilih sebuah tempat yang lalulintasnya sepi dengan kemungkinan dikunjungi orang lebih sedikit atau membuka tempat di pasar yang sudah pasti banyak orang yang datang walaupun belum tentu membeli dagangan anda. 

saya tetep pilih nge-blog. 
Share:

Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit


Call Center Mandiri 14000 atau  mandiri call adalah layanan customer service yang disediakan bagi para nasabah Bank Mandiri. baru-baru ini saya mengalami kejadian pengalaman tidak nyaman dengan layanan mandiri call ini. Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit nya seperti apa ? berikut kronologi kejadiannya :

Sebagai pengguna kartu kredit visa platinum, bulan oktober ada penawaran upgrade otomatis menjadi visa signature dengan mereply SMS. setelah di reply pada menu internet banking >> informasi kartu kredit muncul nomor kartu kredit tambahan.
Pada bulan desember nomor kartu platinum hilang dari menu informasi kartu kredit, ketika akan membayar tagihan tidak bisa memilih menu pembayaran. Hal inilah yang saya coba tanyakan ke call center / mandiri call 14000 bank mandiri.

Ketika menghubungi mandiri call 14000 ini tidak langsung tersambung, ada menu otomatis yang harus ditekan yaitu pilihan bahasa, pilihan permasalahan, untuk berbicara dengan customer service langsung tekan tombol "0". setelah menekan tombol "0", tidak langsung tersambung karena ada keterangan customer service sibuk melayani pelanggan lain. setelah 2-3 menit mendengarkan nada tunggu lagu bank mandiri, tersambung ke Petugas Customer service (CS) pertama. setelah mengutarakan permasalahan ini CS pertama tidak memberikan solusi tetapi melakukan transfer call ke CS bagian kartu kredit, tersambunglah ke CS kedua, bagian kartu kredit , tersambung dengan CS kedua memberikan informasi untuk permasalahannya akan ditangani CS customer Platinum, tersambung dengan CS ketiga setelah diinfokan permasalahannya CS mengambil keputusan masalahnya ada di internet banking dan itu kewenangan CS non kartu kredit ditransfer kembali ( eaaa..  bank mandiri ) ke CS non kartu kredit dan tersambung dengan CS ke empat. Solusi akhir dari CS keempat itu juga tidak memuaskan yaitu disarankan ke kantor Cabang. Disinilah mulai terasa bahwa Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit.

Akhirnya setelah mengantri di layanan Customer Service kantor cabang, mendapat penjelasan bahwa nomor baru yang muncul di internet banking adalah nomor kartu baru yang sudah bertipe visa signature. CS juga menjelaskan bahwa sudah dilakukan pengiriman kartu sejak bulan november namun tidak ada konfirmasi di alamat penerima jadi status kartu nya tidak diterima. Alasan ini aneh mengingat ada 2 kartu sebelumnya penggantian expire  pernah dikirim ke  alamat yang baru dan status kartu terkirim dan diterima tanpa masalah. Untuk mempercepat penyelesaian daripada berdebat saya ikut solusi yang disarankan CS kantor cabang yaitu , membuat pengajuan perubahan alamat surat-menyurat.

Untuk kekecewaan ini lebih tepatnya pada Layanan call center mandiri call
Setelah 34 menit menghabiskan pulsa sekitar 70rb dengan tidak memberikan solusi berarti maka dapat disimpulkan bahwa :

- Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit
- Customer Service nya  tidak paham produk
- Tidak memberikan solusi yang langsung membereskan masalah
- Proses penanganan keluhan yang rumit dan berbelit

Seharusnya dilakukan peningkatan kemampuan untuk petugas customer service agar bisa menjadi one stop solution customer services. itulah pengalaman saya dengan Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit. semoga bisa menjadi pengalaman berharga.







Share:

Mental Block negatif seorang pedagang saat jualan

Mental Block negatif seorang pedagang saat jualan

Mental Block itu secara sederhana adalah bermacam bisikan dari dalam hati kita yang mengajak kita untuk meragukan kemampuan diri sendiri.  Mental block ini sebetulnya pertimbangan logika baik dan buruk sebuah hal yang akan kita tempuh. Akan tetapi ada  Mental Block negatif yang menghambat perkembangan diri anda ke arah yang lebih baik dalam segala hal.


Contoh kasus Mental block saat menjual barang yang menurut kita harganya mahal , maka akan ada bisikan dalam hati: 


  • Harga jualnya kok mahal ya? 
  • Pada mau beli ga ya ?
  • Emang ada yang mau beli?


Tips 1 atasi mental block versi bijaksana :

- harga mahal/murah relatif tergantung perspektif kemampuan finansial seseorang
- barang mahal dan murah ada market nya masing-masing
- rezeki sudah ada yang mengatur selama mau berusaha.


Tips 2 atasi mental block versi coaching hard no heart feeling:
-jangan samakan mindset isi dompet anda sebagai penjual dengan isi dompet mereka calon pembeli kita.

-kalo menurut anda 500rb itu mahal, cari target market yang bilang bahwa 500rb itu :

  • okelah, harga segini wajar sesuai kualitas
  • okelah , harga segini masih terjangkau buat saya
  • okelah , harga segini murah banget bagi saya
Carilah target market itu , sekarang.


Share:

Prosedur Pengajuan klaim Jamsostek / BPJS ketenagakerjaan

Logo Jamsostek dulu




Logo BPJS ketenagakerjaan kini


Bagi anda yang ingin melakukan Proses pencairan BPJS ketenagakerjaan atau sebelumnya yang dikenal dengan jamsostek ini harus mengetahui dan mempersiapkan syarat-syaratnya terlebih dahulu. Pastikan BPJS nya adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial bukannya Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita kheheheh. sebaiknya kita mencari dan menggali informasi sebelum datang langsung ke kantor BPJS terdekat. Tapi tetap aja Proses pencairan jamsostek atau BPJS ketenagakerjaan ini prosesnya memerlukan syarat-syarat yang harus dilengkapi.

Saya sendiri sudah mencari-cari informasi sebelumnya mengenai cara atau Proses pencairan BPJS ketenagakerjaan /jamsostek ini dan sudah mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Sehari sebelumnya saya siapkan dokumen-dokumen asli beserta fotokopinya. Esoknya saya datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat. Tiba di kantor BPJS sekitar jam 9 pagi saya lihat suasana nya cukup lengang, perkiraan saya biasanya untuk yang berhubungan dengan pencairan keuangan ini biasanya tempatnya padat. Kemudian saya masuk kedalam dan menanyakan informasi Cara klaim jamsostek
ke Satpam di bagian penerimaan awal dan ternyata pak satpam itu memberitahukan bahwa sebelumnya harus mendaftar online terlebih dahulu dan tidak bisa datang langsung mengajukan klaim pencairan BPJS ketenagakerjaan /jamsostek. Informasi ini saya tidak mengetahui sebelumnya dan terpaksa pulang gigit jari di hari pertama.

Akhirnya saya isi form klaim online, lumayan ribet juga Proses pencairan jamsostek di tahun 2017 ini
karena sebelumnya harus scan semua dokumen dengan ukuran file minimal 100kb dan maksimal tidak lebih dari 1,8 Mb. Dokumen diupload satu persatu setelah klik tombol simpan eh,, ada notifikasi server error. Akan tetapi ketika cek inbox email ada notifikasi untuk proses registrasi klaim berhasil dan mendapatkan keterangan mohon menunggu maksimal 2x24 jam untuk pemberitahuan selanjutnya. Sampai disini proses yang saya telah lalui dan tulis di blog ini.

Adapun untuk syarat-syarat Proses pencairan Jamsostek / BPJS ketenagakerjaan ini , berikut syarat untuk peserta dengan alasan klaim mengundurkan diri :

KTP
Kartu Keluarga
Kartu Jamsostek /BPJS ketenagakerjaan
Paklaring atau surat referensi dari perusahaan tempat kita bekerja sesuai dengan kartu Jamsostek yang terdaftar
Buku Tabungan

Semua diperlukan dokumen asli yang wajib dibawa ke kantor BPJS ketenagakerjaan, demikian untuk saat ini informasi share pengalaman saya dalam proses pencairan BPJS ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat :)


Share:

Layanan baru Google Domains, apakah itu?

Karena udah agak jarang akses blogger.com untuk melihat-lihat koleksi blogspot saya ternyata ada sesuatu yang baru ketika kita membuka dahsboard utama blogger.com dan memilih salah satu blog yang kita miliki. Ketika di klik akan muncul Pilihan Google Domains beta dan iseng-iseng saya pilih search lalu hasilnya muncul beberapa variasi nama salah satu blog yang kita pilih tersebut dengan beberapa pilihan ekstensi domain mulai dari yang top level domain  .com .org .cc .us .info sampai ekstensi domain yang baru saya lihat/dengar/ketahui misalnya .services , .experts, .media.

Pertanyaan sekaligus kesimpulan pertama kali yang saya tangkap adalah Google jualan domain sekarang? Karena biasanya penjual domain yang saya kenal hanya di godaddy atau biasanya saya membeli di indowebsite.net. Lalu saya coba cari-cari informasi mengenai info lengkap google domains ini.saya ketik kata kunci google domains di mesin pencari google langsung muncul ke domain.google lalu saya ketik berita dengan kata kunci “google luncurkan google domains“ ternyata sudah ada sejak bulan april 2017 dan ternyata pemikiran saya benar google domains ini adalah  fitur yang memungkinkan kita untuk membeli domain langsung dari pihak Google.

Bagaimana dengan harganya? Berikut Saya coba bandingkan antara google domains, godaddy dan indowebsite.net untuk sebuah domain dengan nama dan ekstensi yang sama. Ini hasilnya :

Nama domain : clashclaninfomediagamers.com  

Harga di google domains beta : IDR 165.930/ tahun tidak ada keterangan pajak
Harga di godaddy.com : IDR 115.000/tahun sudah termasuk pajak
Harga di indowebsite.net IDR 148,500/tahun sudah termasuk pajak

Dari kesimpulan diatas untuk harga domain termurah masih dipegang godaddy.com disusul indowebsite.net lalu google domains beta. Untuk Keunggulan dari google domains ini saya belum pernah coba mungkin ada rekan blogger lain yang mau berbagi pengalamannnya menggunakan google domains ini silahkan infokan di kolom komentar.

Demikian informasi mengenai Layanan baru google, google domains beta ini. Jika dirasa bermanfaat silahkan share di media sosial.





Share:

Hello Juli 2017

A post shared by Iman Gilarginanjar Farlani (@imanfarlani) on



Hello Juli 2017 , kita baru saja melewati bulan ramadhan 1438 H dan sekarang berada di bulan syawal , mari kita kembali ke awal hehehe. Momentnya pas nih untuk  awal yang baru , ceritanya sekarang punya ruang kerja baru di rumah , it's an escape room, juga sebagai workshop merangkap ruang ngoprek, ruang bebas , ruang kreasi , ruang relaksasi ,  ruang kreatif  , ruang serbaguna , dan juga  gudang , kondisinya masih "pabalatak" (berantakan) dan selanjutnya
Share: