Skip to main content

Cloud Computing


Cloud Computing

Cloud computing- atau komputasi awan dalam istilah Bahasa indonesia. Cloud computing ditujukan untuk dapat mengases data dengan mudah dari mana saja selama Anda terhubung dengan internet. Pada prinsipnya Cloud computing adalah kata lain dari Internet. Namun, ini sedikit berbeda dengan kondisi pengguaan internet saat ini. Orang menyimpan file di internet, berhubungan menggunakan aplikasi chating dengan sesama teman , bertukar dat, dll. Saat membeli komputer. Anda harus menginstal office, intall adobe, dll. Dalam arti Cloud Computing semua aplikasi yang selama ini diinstall di Pc atau laptop dapat diakses dari secara online. Anda tidak perlu menginstal MS Word atau mengistal Adobe Reader, flash dll. semua sudah tersedia di Awan, komputer Anda hanya membutuhkan spesifikasi tertentu untuk dapat mengakses semuanya. Upgrade yang cepat, Sehingga hemat waktu dalam maintainace software. Namun, menjadi pertanyaan adalah bagaimana dari segi kemamanan? Pertanyaan lain adalah bagaimana dengan minimal perangkat keras yang dibutuhkan? bagaimana dengan lokasi server? tetapi menurut pakar “bahwa teknologi cloud akan banyak yang menggunakan setidaknya dalam 5 tahun kedepan – kata John Willis.
Cloud computing bisa saja dilekola oleh perusahan pihak ketiga, artinya perusahan-perusahan yang menerapkan teknologi cloud akan menyerahkan data mereka dikelola oleh pihak ketiga ini. Contoh perusahan kecil diantaranya yang menawarkan layanan ini adalah ( Zoho.com ( menawarkan aplikasi bisnis seperti pengolahan data dan daftar tugas), box.net(menyediakan jasa penyimpanan online) yang telah menetapkan diri sebagai SaaS(software as a service).

Salah satu isu utama adalah keamanan bahwa kedua perusahaan harus saling memberikan kepercayayan. keamanan yang paling umum adalah enkrispi. Data dapat dienkripsi dari titik ke titik, karena layanan berbasis web sangat mudah untuk di patch(di potong). Google merespon acaman keamanan itu bahwa mereka dapat menjamin akan kemanan data tersebut. General Manager google, mengatakan bahawa google bekerja untuk mengilangkan rasa takut para pelanggan. “Google telah melakukan investasi besar untuk memastikan bahwa google lebih dapat melindungi data Anda daripada Anda mengurus data Anda sendiri”

Namun ada juga yang masih pesimis akan teknologi komputasi awan. Frank Gillet dari Forrester Research memperingatkan bahwa kerangkat computasi awan adalah fase awal pengembangan dan eksperimental, bukan paradigma yang handal dan dapat dipercaya.

Ironisnya, meskipun google berjuang untuk mendominasi komputasi awan. Bebearpa aplikasi seperti google Earth, yang dapat dikases secara cloud tentu membutuhkan spesifkasi layanan data yang tinggi. Ada lagi hal lain yaitu privacy, bandwidth jaringan, dan beberapa politik di negara yang berbeda.Tampakanya computasi cloud masih membutuhkan perjuangan yang lama.

Suatu saat USB flash disk mungkin sudah tidak begitu diperlukan lagi untuk mengkopi file ke komputer teman, begitu juga dengan mengirim file melalui email attachment yang bisa jadi akan basi dan ribet. Bahkan Anda tidak perlu membeli harddisk eksternal plus software backup dan synchronize yang cukup mahal untuk membackup file-file penting Anda. Yang Anda perlukan hanya koneksi internet yang memadai dan DROPBOX.



Jika anda pengguna internet aktif yang sering melakukan aktifitas online dan mempunyai banyak teman di berbagai tempat yang berbeda bahkan ada juga yang di luar negeri. Pastinya anda pernah merasa kesulitan untuk melakukan sharing sebuh file atau lebih kepada teman- teman anda tersebut. Biasanya, jika kita ingin sharing sebuah file apa saja, kita menggunakan jasa website penyimpanan file online seperti 4shared, Ziddu dan lain sebagainya. Namun jika kita menggunakan jasa website tersebut kita masih harus melakukan pekerjaan yang namanya meng-upload yang tentunya memakan waktu yang lumayan lama.

Adakah cara berbagi file secara online yang lebih mudah dari cara diatas ? .. jawabannya ADA

yakni dengan menggunakan DropBox. Dengan menggunakan jasa DropBox ini anda tidak perlu lagi sibuk meng-upload file anda lagi. Anda tinggal membaginya melalui komputer atau laptop anda langsung.

Langkah-langkahnya :


1. Download DropBox
2. Setelah proses download selesai segera lakukan proses instal DropBox di komputer anda

3. Setelah anda Klik tombol Next anda akan di hadapkan pada opsi pendaftaran akun gratis atau berbayar. Pilih gratis saja... Klik Next > Skip Tour

4. Sekarang Akun anda sudah jadi dan komputer anda sudah terhubung dengan DropBox


5.Langkah berikutnya adalah cara menggunakan DropBox untuk melakukan sharing sebuah file tanpa melakukan proses Upload. Pilih file apa yang mau anda sharing melalui DropBox kemudian Drag and Drop file tersebut ke dalam public folder DropBox.

8. Setelah selesai, Klik pada public folder DropBox tersebut.
9. Untuk mendapatkan link file yang akan anda bagikan kepada teman anda secara online , Klik kanan file pada file yang di maksud > DropBox > kemudian Copy link file anda. Lihat pada gambar dibawah ini.


Sumber

http://www.klobot.com/2011/03/cara-mudah-sharing-beragam-file.html

http://satyasembiring.wordpress.com/2012/02/23/apa-yang-dimaksud-dengan-cloud-computeing/

Comments

Popular posts from this blog

Contoh percakapan di call center

make money

Officer : " Telkomsel Selamat sore dengan angga bisa dibantu?"  Pelanggan: "Halooo...."
Officer: " Mohon maaf dengan siapa saya berbicara?" Pelanggan: "evi"
Officer: "silahkan ibu evi ada yang bisa dibantu mengenai produk telkomsel nya " Pelanggan: " kalo cara akses internet bagaimana?"
Officer: "baik, ibu menanyakan informasi cara aktivasi GPRS?" Pelanggan: " iya betul"
Officer: "pertama silahkan aktifkan fitur GPRS di kartu nya dan setting Handphone nya" Pelanggan: "caranya?"
Officer: "yang pertama, ketik sms isinya : GPRS spasi no seri kartu kirim ke 6616 tarifnya 350 rupiah prosesnya maksimal 2 x 24 jam." "yang kedua setting handphone nya , ibu evi menggunakan handphone merk dan tipe apa ?" Pelanggan: "Nokia 3650"
Officer: " untuk nokia silahkan ketik sms isinya : s spasi merk handphone spasi tipe handphone kirim ke       5432, tarifnya 350 rupi…

Setting GPRS AXIS Manual

Setting handphone juga bisa dilakukan secara manual dengan memasukkan parameter sebagai berikut:
make money
Parameter Umum GPRSConnection Name:AXISData Bearer:GPRS atau PSAccess Point Name (APN):AXISUsername:AXISPrompt Password:NoPassword:123456Authentication:NormalGateway/Proxy IP Address:10.8.3.8Gateway/Proxy Port:9201 atau 8080Homepage:http://wap.axisworld.co.idConnection Security:OffSession Mode:Permanent
make money

Parameter Umum MMSConnection Name:AXISmmsData Bearer:GPRS atau PSAccess Point Name (APN):AXISmmsUsername:AXISPrompt Password:NoPassword:123456Authentication:NormalGateway/Proxy IP Address:10.8.3.8Gateway/Proxy Port:9201 atau 8080Homepage / MMS Server:http://mmsc.AXISConnection Security:OffSession Mode:Permanent

Parameter Umum StreamingConnection Name:AXISstreamData Bearer:GPRS atau PSAccess Point Name (APN):AXISUsername:AXISPassword:123456Use Proxy:No Semua nomor AXIS sudah mendukung layanan data (3G/GPRS), MMS dan Streaming.
make money

Untuk informasi lebih lanjut mengenai l…

Daftar Obat Tradisional yang mengandung bahan kimia

Berdasarkan hasil pengawasan obat tradisional melalui sampling dan pengujian
laboratorium tahun 2006, Badan POM telah menemukan sebanyak 93
(sembilan puluh tiga) produk obat tradisional yang di campur dengan Bahan
Kimia Obat Keras seperti Fenibutason, Metampiron, Deksametason, CTM,
Allupurinol, Sildenafil Sitrat, Sibutramin Hidroklorida dan Parasetamol.

Mengkonsumsi obat tradisional mengandung Bahan Kimia Obat Keras
membahayakan kesehatan bahkan dapat mematikan. Pemakaian obat keras
harus melalui resep dokter.

Berbagai resiko dan efek yang tidak diinginkan dari penggunaan Bahan Kimia
Obat tanpa pengawasan dokter sebagai berikut :
Metampiron dapat menyebabkan gangguan saluran cerna seperti mual,pendarahan lambung, rasa terbakar serta gangguan sistem saraf seperti tinitus (telinga berdenging) dan neuropati, gangguan darah, pembentukan sel darah dihambat (anemia aplastik), agranulositosis, gangguan ginjal, syok, kematiandan lain-lain.Fenilbutason dapat menyebabkan mual, muntah, ruam kulit, retensi…