10/31/2014

Komunikasi menggunakan telegram

Perangkat telegram zaman dulu
Kalau mendengar kata telegram mungkin yang terbayang di benak kita adalah sebuah kegiatan di kantor pos dengan perangkat rumit besar mengirim pesan lewat kawat.

Telegram adalah fasilitas yang digunakan untuk menyampaikan informasi jarak jauh dengan cepat, akurat dan terdokumentasi. Telegram berisi kombinasi kode yang ditransmisikan oleh alat yang disebut telegraf, dengan menggunakan kabel-kabel yang menghubungkan satu lokasi dengan lokasi yang lain melalui bawah laut (wikipedia.org).

Telegraf ini pertama kali ditemukan oleh Samuel F. B. Morse, seorang berkebangsaan Amerika. Alat tersebut mulai dipopulerkan pada tahun 1920-an. Pada saat itu tarif pengiriman telegram lebih murah daripada tarif telepon. Tarif mengirim telegram dihitung berdasarkan jumlah karakternya, termasuk tanda baca.

Jangkauan pengiriman berita melalui telegram meliputi lokal maupun internasional. Waktu yang dibutuhkan untuk mengirim telegram adalah kurang dari satu hari. Keunikan dari telegram adalah tanda baca dituliskan. Telegram yang popular di Indonesia berada dibawah naungan perusahaan Telkom.


Telegram Masa Kini
Aplikasi Telegram pertama kali diluncurkan pada tahun 2013 oleh Durov bersaudara ( Nikolai dan Pavel ) mereka ini adalah "Mark Zuckerbergnya" rusia yang mendirikan social network terbesar di Negaranya.

Logo Aplikas Telegram

Telegram adalah aplikasi chat yang berbasis cloud untuk desktop dan aplikasi mobile yang berfokus pada speed dan security.

Dukungan perangkat dan platform yang bisa menggunakan telegram messenger antara lain :
  • Telegram for Android
  • Telegram for iPhone / iPad
  • Telegram for Windows Phone
  • Now on every desktop device
  • Telegram Web‑version
  • Telegram for Mac OS X
  • Telegram for PC/Mac/Linux
 Janji kampanye telegram sebagai aplikasi pendatang baru adalah sebagai berikut : 

Private : Konon katanya lebih terenskripsi
Cloud-Based : Telegram  bisa diakses berbagai gadget dan perangkat
Fast : Mengirim pesan lebih cepat
Distributed : Server telegram tersebar di seluruh dunia
Open : ada API ( application program interface ) dan protokol yang gratis.
Free : Telegram menjanjikan akan gratis selamanya tanpa iklan dan tanpa berlangganan.

Untuk saat ini aplikasi telegram ini memiliki dukungan perangkat terbanyak untuk sebuah aplikasi chatting. Kekurangan saat ini adalah belum tersedia telegram messenger untuk blackberry.

jadi mari berkomunikasi kembali menggunakan telegram :)

https://telegram.org/
Share: 

0 comments: