Review Aplikasi Portable windows untuk Mengecek ukuran folder


Low Disk Space Meme
 Ukuran kapasitas penyimpanan data ( storage/ hardisk ) di zaman sekarang sudah sangat pesat perkembangannya,  pada awal tahun 2000an dimana awal PC rakitan mulai berkembang dan menuju popularitas tertingginya, kapasitas  hardisk 10 Gigabyte sudah terbilang mewah saat itu. Rata-rata sistem operasi membutuhkan kurang dari 1 Gigabyte (Gb) untuk kebutuhan instal datanya. Yang popular di waktu itu adalah system windows XP buatan om Bill Gates. Semua aplikasi harus diinstall terlebih dahulu sebelum bisa digunakan, belum ada yang namanya aplikasi portable berbeda kondisinya dengan zaman sekarang dimana aplikasi portable windows maupun untuk OS lain sudah  bertebaran dan mudah didapatkan di internet. Saking banyaknya aplikasi portable windows itu malah kadang membuat kita bingung untuk mengetahui fungsi dan kegunaannya, nah di postingan kali ini saya akan membagikan informasi mengenai salah satu aplikasi portable windows yang sering saya gunakan.


Jika  anda pengguna OS windows dan pernah mendapatkan notifikasi di pojok kanan bawah dengan keterangan "low disc space" artinya anda mengalami kendala hardisk penuh. Kalau bingung untuk menghapus file mana saja yang harus dibuang maka aplikasi aplikasi portable windows ini bisa sangat membantu.  Nama  Aplikasi  portable windows ini adalah filepro, ukuranya file aplikasi windows ini kecil , portable dan yang terutama  gratis. Fungsi dari aplikasi portable ini adalah untuk mengecek  folder mana saja yang menyimpan file  terbesar. Fitur-fitur yang lain dari aplikasi portable ini juga sangat bermanfaat ada mapping file berdasarkan kapasitas dan bisa ditampilkan dalam bentuk treemaps, treesize, bisa menyimpan capture file hasil mapping, membandingkan ukuran antar drive dan melakukan  analisa direktori. Ada juga tools untuk mencari file duplikat . berikut penjelasan lengkap untuk fitur aplikasi portable windows ini :


Pengembang aplikasi portabel saleen software

Generate disk treemaps for local or network volumes
Aplikasi portable windows  ini bisa memunculkan data file yang tersimpan dalam hardisk kita dalam bentuk semacam grafik atau pohon peta. Fungsinya Sehingga memudahkan kita untuk mengecek folder mana dengan ukuran file terbesar yang tersimpan


Aplikasi Portable windows
Tampilan treemaps aplikasi portable windows filepro

Search and locate files in treemaps by automatic zoom-in and positioning. 
Nama file yang ukurannya besar juga muncul di dalam grafik yang sudah di analisa sebelumnya oleh aplikasi portable windows ini, bisa langsung dipilih dan jika ternyata sudah tidak diperlukan bisa langsung klik kanan dan hapus filenya tanpa harus menuju ke windows file explorer terlebih dahulu.

Save entire or partial volume snapshots
Menyimpan sebagian atau seluruh informasi file yang sudah dihasilkan dalam bentuk grafik tersebut dan sewaktu-waktu bisa dibuka kembali apabila dibutuhkan.
Aplikasi portable windows  ini benar-benar bermanfaat dan yang terutama adalah ukuran file yang kecil serta gratis untuk didapatkan. Aplikasinya sendiri sudah Full support for Windows 7™ walaupun ada keterangan software fully support the 7 operating system. Dan saya mencoba di windows 8 juga tidak bermasalah.

Untuk mendapatkan gratis silahkan klik link disini


Demikian informasi mengenai Review Aplikasi Portable windows untuk Mengecek ukuran folder, semoga bermanfaat. 
Share:

0 Comments: