7/19/2006

Pengalaman Dengan PLN

Tadi listrik mati total sekitar pukul 02:30 dini hari , dengan segera saya (terbangun dari mimpi) menuju kamar untuk mematikan router yang tak pernah mati di warnet ini :D sebelum baterai UPS nya habis. Konon katanya os BSD sangat rentan/ sensitif terhadap hal-hal seperti ini (hardware aja pilih2.. hehehe ).

Karena hanya CPU yang terhubung dengan UPS maka saya berusaha menyambung monitor ke listrik ups yang satu nya lagi , ketika monitor tersambung tiba-tiba UPS nya mendadak mati.. rupanya mati listrik ini sudah berlangsung cukup lama sehingga UPS nya telah kehabisan daya (parah..parah ):((.. akhirnya yah (soft error corrected lagi deh). siapa yang harus saya salah kan ? PLN kah? (mungkin)

menurut mereka yang sudah lama tinggal di Cimahi katanya emang begini keadaan listrik cimahi, kadang-kadang di waktu tertentu voltase nya suka turun (istilah nya ngedrop), sebelum ada UPS semua komputer pasti nge-restart otomatis bila terjadi gangguan ini. Dalam sehari bisa terjadi 1 - 3 kali.

Sebelum memutuskan memakai UPS pernah didatangkan "Ahli Listrik" untuk memeriksa. ternyata sang ahli berpendapat ini harus ada perbaikan instalasi/ kabel2 listrik.. maka segera saya melakukan perombakan total sistem perkabelan listrik warnet ini. hasilnya? ternyata sama saja .. listrik masih byarpet tuh.

Sia-sia saya membayar tukang instalasi listrik walaupun ada hikmahnya saya mendapat pengetahuan dasar instalasi listrik,... hehehe. akhir nya saya memutuskan untuk meng-UPS kan seluruh komputer di warnet ini.


mungkin kebetulan atau bukan, Tadi pagi dua orang petugas PLN datang membawa selembar kuitansi penunggakan tagihan (lho.... padahal kan selalu bayar tepat waktu) dengan penuh percaya diri bapak2 itu mengatakan kalau tempat ini sudah jatuh tempo dan belum membayar. tanpa banyak bicara saya (langsung hajar orang PLN itu pinginnya sih ... hehehe tapi ngga jadi) Saya berikan bukti pembayaran yang saya miliki. akhirnya mereka sendiri yang merasa kebingungan.. dan mengemukakan berbagai alasan bla..bla.. validasi... dsb sambil ngeloyor pergi...

seribu satu pertanyaan muncul di benak saya . ada apa dengan PLN? (manajemen? duit? korupsi? riweuh? lieur?.. ah sudah lah)
Share: 

2 comments:

Anonymous said...

I really enjoyed looking at your site, I found it very helpful indeed, keep up the good work.
»

Anonymous said...

I find some information here.