3/13/2015

asal usul Friday 13th , kenapa horror?

Horror Lettering by Imagifa
Lettering Horror by Imagifa
drawing pen on a notebook
Hari jumat tanggal 13 dikenal sebagai black friday , diantara senin, selasa, rabu kamis , sabtu dan minggu kenapa hari jumat ya? di budaya barat dianggap sebagai hari pembawa sial mungkin setara dengan jumat kliwon kalau disini. Image brand yang melekat ketika mendengar kata Friday 13th adalah misteri, horror, mitos.

ada sebutan khusus untuk yang memiliki rasa takut/phobia berlebihan terhadap hari Jumat tanggal 13 namanya Paraskavedekatriaphobia dan Friggatriskaidekaphobia.

banyak hal yang berkaitan ( atau mungkin dikaitkan tepatnya ) dengan tanggal "keramat ini", beberapa sejarah yang berkaitan dengan peristiwa di tanggal ini antara lain dari buku History of Modern Europe  Jumat 13 oktober 1307, dibawah perintah Raja Philip IV dari Prancis dengan persetujuan Paus, Tentara kerajaan melakukan penangkapan semua Ksatria Templar di Prancis,Darah Templar mengalir di seantero Prancis, Grand Master terakhir Order ini, Jacques de Molay salah satu ksatria yang tertangkap pada Jumat Oktober 13th 1307 - disiksa dan kemudian dibakar ditiang pada 1314 di depan Katedral Notre Dame. Kata-kata terakhirnya adalah kutukan kepada raja Perancis dan Paus. Kebetulan, paus mati satu bulan kemudian dan raja meninggal kecelakaan dalam perjalanan perberburan sembilan bulan kemudian. Peristiwa inilah yang melatar belakangi legenda Friday the 13th dan kesialan angka 13.


Paramount Pictures merilis film horor berjudul Friday the 13th dengan karakter jason yang menakutkan semakin mengukuhkan image tanggal 13 di hari jumat ini.saya sendiri tidak begitu mempercayai mitos seperti ini , dulu waktu zaman kerja kantoran hari jumat malah terasa menyenangkan , ini cuma tanggal 13 di hari  jumat, ya toh?
Share: 

0 comments: