Skip to main content

Customer atau Costumer ?

Ketidaktahuan dan ketidaktelitian dalam penggunaan sebuah kata pada sebuah konten atau keterangan dalam bahasa apapun bisa berdampak besar bagi image atau brand perusahaan. Hanya tertukar 1-2 huruf saja tapi artinya bisa berubah keseluruhan dan sangat jauh berbeda definisinya dan maknanya. Contoh yang saya bahas kali ini adalah penggunaan kata Customer atau Costumer. secara definisi bisa dilihat di gambar berikut :

Definisi customer dalam bahasa inggris
definisi costumer dalam bahasa inggris


Itulah pengertian dalam definisi bahasa inggrisnya antara Customer dan Costumer, yang terkadang menggelikan ketika masih ada yang penulisannya nya tidak sesuai pada penggunaan maksudnya yaitu maksudnya menulis layanan untuk melayani segala kebutuhan pelanggan tetapi ditulisnya Costumer service. kenapa menggelikan? karena yang terbayang dalam imajinasi saya :


Costumer dan Customer

Tetapi kekeliruan terkadang dibiarkan dan lama-lama menjadi salah kaprah sehingga terkadang orang awam yang kurang mengetahui dan yang sekedar ikut-ikutan  merasa benar tanpa melakukan cek ulang penulisan bahwa penulisan yang dimaksud untuk layanan pelanggan ini adalah "Costumer". Disinilah saatnya masuk penilaian terhadap sebuah brand merambat ke pertanyaan kualitas dan pelayanannya secara keseluruhan terhadap brand tersebut.

Lebih dalam lagi kita bisa tetap berpegangan teguh pada kekeliruan tersebut dan gunakan gambar imajinasi saya diatas misalnya ketika melakukan komplain dan mendapatkan pelayanan yang tidak berkenan, respon lambat , tidak jelas memberikan solusi,  maka sesungguhnya kita sedang dilayani oleh seorang Costumer service bukan Customer service. :)



bahkan perusahaan sekelas XL saja masih ada miss spellcheknya :



So check again your spelling , always do the spellchek sebelum lo gaya-gayaan pake bahasa inggris :D, gunakan kata Customer dan Costumer sesuai pada penempatannya.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh percakapan di call center

make money

Officer : " Telkomsel Selamat sore dengan angga bisa dibantu?"  Pelanggan: "Halooo...."
Officer: " Mohon maaf dengan siapa saya berbicara?" Pelanggan: "evi"
Officer: "silahkan ibu evi ada yang bisa dibantu mengenai produk telkomsel nya " Pelanggan: " kalo cara akses internet bagaimana?"
Officer: "baik, ibu menanyakan informasi cara aktivasi GPRS?" Pelanggan: " iya betul"
Officer: "pertama silahkan aktifkan fitur GPRS di kartu nya dan setting Handphone nya" Pelanggan: "caranya?"
Officer: "yang pertama, ketik sms isinya : GPRS spasi no seri kartu kirim ke 6616 tarifnya 350 rupiah prosesnya maksimal 2 x 24 jam." "yang kedua setting handphone nya , ibu evi menggunakan handphone merk dan tipe apa ?" Pelanggan: "Nokia 3650"
Officer: " untuk nokia silahkan ketik sms isinya : s spasi merk handphone spasi tipe handphone kirim ke       5432, tarifnya 350 rupi…

Setting GPRS AXIS Manual

Setting handphone juga bisa dilakukan secara manual dengan memasukkan parameter sebagai berikut:
make money
Parameter Umum GPRSConnection Name:AXISData Bearer:GPRS atau PSAccess Point Name (APN):AXISUsername:AXISPrompt Password:NoPassword:123456Authentication:NormalGateway/Proxy IP Address:10.8.3.8Gateway/Proxy Port:9201 atau 8080Homepage:http://wap.axisworld.co.idConnection Security:OffSession Mode:Permanent
make money

Parameter Umum MMSConnection Name:AXISmmsData Bearer:GPRS atau PSAccess Point Name (APN):AXISmmsUsername:AXISPrompt Password:NoPassword:123456Authentication:NormalGateway/Proxy IP Address:10.8.3.8Gateway/Proxy Port:9201 atau 8080Homepage / MMS Server:http://mmsc.AXISConnection Security:OffSession Mode:Permanent

Parameter Umum StreamingConnection Name:AXISstreamData Bearer:GPRS atau PSAccess Point Name (APN):AXISUsername:AXISPassword:123456Use Proxy:No Semua nomor AXIS sudah mendukung layanan data (3G/GPRS), MMS dan Streaming.
make money

Untuk informasi lebih lanjut mengenai l…

Daftar Obat Tradisional yang mengandung bahan kimia

Berdasarkan hasil pengawasan obat tradisional melalui sampling dan pengujian
laboratorium tahun 2006, Badan POM telah menemukan sebanyak 93
(sembilan puluh tiga) produk obat tradisional yang di campur dengan Bahan
Kimia Obat Keras seperti Fenibutason, Metampiron, Deksametason, CTM,
Allupurinol, Sildenafil Sitrat, Sibutramin Hidroklorida dan Parasetamol.

Mengkonsumsi obat tradisional mengandung Bahan Kimia Obat Keras
membahayakan kesehatan bahkan dapat mematikan. Pemakaian obat keras
harus melalui resep dokter.

Berbagai resiko dan efek yang tidak diinginkan dari penggunaan Bahan Kimia
Obat tanpa pengawasan dokter sebagai berikut :
Metampiron dapat menyebabkan gangguan saluran cerna seperti mual,pendarahan lambung, rasa terbakar serta gangguan sistem saraf seperti tinitus (telinga berdenging) dan neuropati, gangguan darah, pembentukan sel darah dihambat (anemia aplastik), agranulositosis, gangguan ginjal, syok, kematiandan lain-lain.Fenilbutason dapat menyebabkan mual, muntah, ruam kulit, retensi…